Belum Semua Desa Miliki BUMDes

350 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Gunungkidul belum maksimal. Pasalnya hingga saat ini belum seluruh desa memiliki unit usaha tersebut.

Data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul mengungkapkan, dari 144 desa yang ada, baru 63 desa yang memiliki BUMDes.

“Pembentukan BUMDes masih belum ada perkembangan signifikan. Bahkan dari 63 desa yang memilki unit usaha itu, yang aktif ada di 49 desa. Sedangkan 14 desa lainnya masih belum berfungsi dengan optimal,” kata Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul Sujoko kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (19/4).

Dia menjelaskan, ada sejumlah permasalahan yang membuat upaya pembentukan BUMDes belum berjalan lancar. Salah satu kendala yang dihadapi berkaitan dengan proses identifikasi terhadap potensi yang dimiliki desa. Menurut Sujoko, identifikasi tersebut sangat penting untuk proses pengembangan unit usaha yang dijalankan.

“Yang jelas kami siap memberikan pendampingan sehingga proses pembentukan BUMDes di seluruh desa dapat diwujudkan,” ujarnya.

Untuk pembentukan unit usaha ini, kata Sujoko, pemkab telah berupaya membuat payung hukum yang dituangkan dalam Perda tentang BUMDes. Sedang tindak lanjut dari pembentukan perda itu, pemkab juga telah membentuk dan mengukuhkan Forum BUMDes di Gunungkidul. “Harapannya dengan pembentukan forum ini maka upaya pendirian BUMDes dapat lebih lancar. Terlebih lagi, pembentukan unit-unit usaha itu juga merupakan amanat dari undang-undang,” katanya.

Sujoko pun meminta agar pihak desa segera membentuk unit usaha tersebut. Sebab dari sisi permodalan tidak ada masalah karena dapat dialokasikan dari kucuran dana desa yang diberikan oleh pemerintah. “Untuk unit usaha yang dijalankan tidak harus mengacu pada sumber daya alam yang dimiliki, tapi dapat dilakukan dengan membuat usaha seperti toko desa atau pengelolaan simpan pinjam,” imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo Budi Haryanto mengungkapkan bila desanya sudah memiliki BUMDes. Adapun unit usaha yang dijalankan berkaitan dengan keberadaan kolam renang dan waterboom.

“Unit usaha ini dibentuk tahun lalu,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post