Belum Semua Desa Punya BUMDes

283 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meski belum semua desa memiliki BUMDes, Peran Badan Usaha Milik Desa di Gunungkidul ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3KBPMD) Gunungkidul, Sujoko menyebutkan dari total 144 desa, namun baru 71 yang telah memiliki BUMDes.

“Desa yang sudah maju, seperti di Bejiharjo dan Karangrejek telah memiliki BUMDes dan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat luar biasa,” kata Sujoko, Senin (23/4/2018).

Pihaknya terus berupaya mendorong majunya BUMDes. Hal itu ditunjukan dengan mengadakan pelatihan dan study banding dengan BUMDes di luar daerah. Selain itu bantuan stimulan ke desa juga diberikan untuk mendorong kreatifitas dan inovasi dari masyarakat.

“Paling banyak bergerak disimpan pinjam, wisata, dan olahan makanan karena mengimbangi perkembangan pariwisata,” ucap Sujoko.

Sementara itu Camat Tanjungsari Rahmadian mengungkapkan, BUMDes sangat diharapkan Pemerintah Kecamatan Tanjungsari guna terwujud lapangan usaha baru untuk terciptanya masyarakat yang produktif,kreatif ,dan bisa menambah penghasilan masyarakat setempat.

Dia mengaku, sebanyak lima desa yang ada wilayahnya baru ada satu desa yang telah memiliki BUMDes tersebut, yakni Desa Kemdang.

“Kami harap tahun ini seluruh desa bisa memiliki BUMDes demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post