Belum Semua Patani Gunungkidul Terima Kartu Tani

41 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Distribusi kartu tani di Gunungkidul belum menyeluruh. Selain belum tersasar kesemua patani, kartu itu juga belum bisa digunakan lantaran masih dalam tahap uji coba.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Windu Wardana mengatakan dari total 127.441 petani yang terdata Sistem Informasi Pertanian (SINPI), baru 80.000 yang telah mendapar kartu tani.

“Per 12 Desember tahun lalu, 80.000 [kartu tani] telah didistribusikan, 14.000 sudah dalam proses, kemungkinan yang dalam proses itu juga telah diberikan ke petani,” kata Windu kepada wartawan, Jumat (13/7/2018) kemarin.

Dimungkinkan petani yang belum mendapat kartu akan segera menerima haknya tahun ini. Namun pihaknya belum bisa memastikan hal itu, sebab wewenang mendistribusikan kartu itu dilakukan Bank BRI selaku penyedia kartu. Saat ini pihaknya juga belum memiliki laporan terkini berapa jumlah kartu yang telah terdistribusikan.

“Datanya [jumlah terdistribusikan] juga di Bank BRI, kami belum dapat update terkini,” paparnya.

Adapun syarat petani yang mendapat kartu tani yakni memiliki lahan pertanian di bawah dua hektar dan telah tergabung dalam kelompok tani. Jika tidak tergabung dengan kelompok, meski tergolong kurang mampu, maka tidak mendapat kartu ini.

“Kalau syarat yang dua hektar itu karena logikanya jika petani punya lahan lebih dari luas yang ditetapkan berarti tergolong mampu,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Gedoro Nglegi, Kecamatan Patuk, Sigit Rohmadi mengatakan hingga hari ini pihaknya belum mendapat kartu tani.

“Jumlah petani yang tergabung dalam kelompok kami sebanyak 55 petani yang belum mendapatkan kartu tani,” pungkasnya. (Santi)

Related Post