Belum Semua Warga Miskin Tersentuh PKH

146 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hingga saat ini Program Keluarga Harapan (PKH) yang diluncurkan oleh Pemerintah belum bisa membantu seluruh masyarakat tidak mampu di Gunungkidul.
Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial, Gunungkidul, Rumihayati mengatakan jika membandingkan jumlah penerima PKH dengan angka kemiskinan masih belum sebanding.

“Tahun ini jumlah penerima 56.660 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) jika dibandingkan dengan jumlah keluarga miskin di Gunungkidul, kisarannya 140.000 Keluarga, jadi belum semua dirasa,” ujarnya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Kamis (18/1/2018).

Rumihayati mengatakan pihak dinas hanya melakukan verifikasi faktual ke lapangan data dari pusat. Beberapa komponen menjadi pertimbangan penerima PKH itu.

“Pertama benar-benar tidak mampu, ibu hamil, punya balita, punya anak usia SD-SMA, lansia dan difabel. Salah satu masuk komponen itu, bisa menerima,” jelasnya.

Besar bantuan sendiri yaitu Rp1,8 juta dan untuk lansia atau difabel sebesar Rp 2 juta. PKH tersebut diharapkan sesuai tujuannya untuk menunjang pendidikan maupun kesehatan masyarakat tidak mampu.

“Tujuan utama untuk menunjang pendidikan dan kesehatan bagi warga tidak mampu,” tutupnya.

Terpisah salah seorang warga Wukirsari, Jumali mengatakan di wilayah Padukuhan Wukirsari Desa Baleharjo belum semua warga miskin menerima PKH.

“Ada yang sudah punya ada pula yang belum jadi PKH hingga saat ini ternyata belum merata,” tutupnya. (Heri)

Related Post