Bentuk BUMDes, Bejiharjo Siap Kelola Potensi Desa

385 views
image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Untuk meningkatkan potensi desa, Pemerintah Desa Bejiharjo, Karangmojo, telah pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal itu  dengan harapan bisa mengelola potensi desa mulai dari wisata hingga simpan pinjam.

Kepala Desa Bejiharjo Yanto mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pembentukan BUMDes dilingkup Pemdes Bejiharjo. Hal itu dibentuk dengam harapan mampu meningkatkan potensi desa.

“Usaha yang dimiliki desa, mulai dari wisata, pengolahan sampah, simpan pinjam, pasar, hingga sewa-menyewa supaya dapat dikelola dengan baik,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (5/5/2017).

Dengan dibentuknya BUMDes yang diketuai oleh Sariyanto dan SK-nya sudah diserahkan maka sudah mulai untuk bekerja guna meningkatkan potensi yang ada di Desa Bejiharjo.

Menurut dia, terbentuknya BUMDes ini bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Gua Pindul.

Dengan adanya BUMDes, dia berharap pelayanan terhadap pariwisata bisa maksimal, di samping kemakmuran masyarakat bisa secara merata.

“Kami masih akan melakukan koordinasi internal terkait dengan penyelesaikan Gua Pindul. Dan kami harap BUMDes mampu mengatasi konflik Pindul,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Karangmojo Rakhmadian Wijayanto mengatakan, pihak kecamatan akan melakukan pengawalan terhadap pembentukan dan pelaksanaan program BUMDes.

“Kami persiapan solusi BUMDes. BUMDes sudah terbentuk mekanisme pengaturan harus tegas akan kami kawal dari kecamatan,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa BUMDes memiliki kewenangan untuk mengatur pengelolaan. Oleh karena itu, peraturan yang ada harus dijalankan secara baik oleh seluruh operator yang selama ini mengelola destinasi yang ada.

“BUMDes tidak bisa ditawar. Destinasi wisata, bukan milik perseorangan atau pengusaha,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post