Berbagai Kesenian Budaya Meriahkan Desa Logandeng

image

Pertunjukan Gejlog Lesung di Desa Logandeng (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Playen -Berbagai kesenian budaya yang ada di Desa Logandeng, Kecamatan Playen, ditampilkan secara bertahap sejak 20 Agustus hingga 8 September 2017 besok. Hal ini di laksanakan sesuai dengan visi Desa Logandeng untuk menjadi rintisan desa budaya.

“Ini adalah upaya kita untuk mewujudkan visi desa kita untuk bisa maju dan berkembang menjadi rintisan desa budaya,” jelas Widodo selaku penanggung jawab kegiatan, Kamis (07/09/2017).

Secara bergantian di setiap dusun yang ada di Desa logandeng mencoba menampilkan kekayaan seni budaya lokal yang ada. Beberapa kegiatan dari mulai lomba sesorah bahasa jawa, tradisi rasulan, seni kethoprak, pertunjukan jatilan, pentas seni anak hingga kirab budaya telah di tampilkan satu persatu dengan sangat menarik.

“Puncak acara akan di gelar besok tanggal 8 September dengan pagelaran wayang kulit dengan menampilkan dalang Ki Seno Nugroho dari Yogyakarta,” terang Widodo.

Di sela-sela penampilan tim kesenian yang sedang beraksi, Suhardi, Kepala Desa Logandeng menyampaikan bahwa ini merupakan upaya kita untuk menampilkan semua potensi yang ada Desa Logandeng.

“Saya berharap, kedepannya kita bisa mewujudkan visi Desa Logandeng untuk menjadi desa yang berbudaya,” ujar Suhardi.

Selain pertunjukan seni budaya, lanjut Suhardi, kita juga menggelar bazar di halaman Balai Desa Logandeng. Setiap warga yang memiliki usaha industri rumahan, atau segala macam potensi yang sekiranya bisa di tampilkan, semuanya di tunjukan dengan kreasi masing- masing.

“Kita coba tunjukan semua potensi yang ada di Desa Logandeng di hadapan para pejabat daerah yang kita undang, saya berharap, kedepannya desa ini benar- benar dikukuhkan sebagai rintisan desa budaya ,” pungkas Suhardi. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post