Berburu Berkah Gunungan Hari Jadi

image

Warga Berebut Gunungan Untuk Berkah. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Alun-alun Wonosari Gunungkidul  menjadi lautan manusia, Rabu (24/5/2017) di peringatan Hari Jadi Gunungkidul ke186. Ribuan warga dari berbagai pelosok daerah berkumpul di sini untuk meramaikan tradisi rayahan  Gunungan.

Sebagian orang menyakini gunungan tersebut membawa berkah. Tak ayal mereka pun beramai-ramai berebut untuk mendapatkan bagian dari gunungan tersebut.

Pantauan Gunungkidulpost.com, ribuan warga sudah memadati Alun-alun sejak upacara berlangsung. 18 gunungan itu akhirnya tampilkan dan disuguhkan dihadapan Bupati Gunungkidul.

“Ini merupakan tradisi adat untuk memeriahkan hari Jadi Gunungkidul. Dan oleh warga dipercaya membewa berkah jika dapat membawa pulang isi yang ada dalam gunungan ini,” kata Ketua Panitia Agus Prihastoro kepada Gunungkidulpost.com.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan gunungan tersebut berisi berbagai macam hasil bumi dan jajanan pasar. 
Filosofi dari gunungan itu tak jauh dengan nilai dari kebudayaan adat jawa. Selain itu gunungan juga sebagai simbol ucapan syukur kepada Allah atas pemberian hasil bumi kepada manusia.

“Ini merupakan simbol dan filosofi kebudayaan,” jelasnya.

Sementara itu, Salah satu warga asal Ponjong, Bambang berhasil mendapatkan hasil bumi. Dia pun  senang karena sudah dua tahun terakhir dia selalu kebagian gunungan. 

“Nanti intip dari gunungan ini akan saya camprukan beras yang akan kami masak setiap hari. Mungkin nanti akan saya campur biar tambah berkah bagi keluarga kami,” harapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post