Beredar Belalang Racun, Ini Tanggapan Dinas

202 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Beredarnya kabar tentang belalang beracun yang muncul di Tegal Ngrancahan perbatasan Baleharjo dan Karangrejek, Wonosari, Dinas Pertanian dan Pangan, Gunungkidul menerjunkan tim untuk melakukan identifikasi jenis belalang tersebut.
kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, mengatakan telah menerjunkan petugas terkait serangan itu.

“Saya juga baru dapat infonya tadi, sudah diterjunkan petugas untuk mengidentifikasi jenis belalang itu,” ujarnya kepada Gunungkidulpost.com, Sabtu (20/1/2018).

Setelah identifikasi itu dia mengatakan akan dicari alternatif solusi untuk pengendalian kalau memang sudah merugikan. Dia juga belum dapat memastikan jenis apa belalang itu dan apa penyebabnya muncul.

“Karena jenis baru, baru kita identifikasi, tapi kalau yang pernah lihat katanya dari hutan. Penyebab munculnya juga belum dipastikan, apa kemungkinan pengaruh cuaca, atau mereka kehabisan pangan di tempat aslinya sehingga turun,” paparnya.

Lebih lanjut Bambang menambahkan, menghimbau kepada semua warga untuk tidak resah dengan keberadaan belalang racun tersebut.

“Masih kita pelajari, jenis belalang itu dan kami himbau warga untuk tidak resah,” tutupnya. (Heri)

Related Post