Bermodalkan Telepon Genggam, Susilo Mampu Ciptakan Remote Control Sepeda Motor

652 views


Gunungkidulpost.com – Semanu – Ditengah berkembangnya teknologi, Susilo Hadi (27) warga dusun Munggi, Semanu, Semanu, berhasil menciptakan remote control sepeda motor, hanya dengan bemodalkan telepon genggam. Inovasi ini mampu membuat mesin menjadi menyala ketika menggunakan panggilan dari telepon. 

Susilo menceritakan, berawal ketika satu pekan terakhir ini, dengan modal ilmu yang diperolehnya dari internet, kemudian ia mempraktekan dengan cara mengotak-atik barang-barang elektronik dan berhasil menciptakan suatu hal yang baru itu.

“Awalnya hanya dari internet, lalu saya mencoba praktekan dan berhasil membuat barang yang baru,” katanya, Sabtu (10/9/2016).

Menurut Susilo, untuk membuat rangkaian tersebut dibutuhkan dalam kurun waktu satu hari, hanya dengan membeli beberapa komponen yang tidak memerlukan budget tinggi. 

“Kalau untuk biayanya hanya Rp. 15.000,- saja, tidak mahal. Hanya menambah komponen di telephone genggam,” jelasnya.

Susilo menambahkan, hasil rangkaian berupa remote control tersebut mampu menyalakan kendaraannya dari jarak jauh. “Saya tinggal memanggil telfon nanti bisa stater otomatis, walaupun dengan jarak yang sangat jauh, tetapi tergantung sinyal juga mas,” tambahnya. (Heri)

Related Post