Besok, KPU Terjunkan Tim Pencocokan

92 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul, menerjunkan petugas pendaftaran pemilih akan melakukan pencocokan dan penelitian mulai Selasa (17/4) hingga 30 hari ke depan.

Ketua KPU Gunung Kidul M Zaenuri Ikhsan mengatakan, pihaknya menerjunkan petugas pendaftaran pemilih (pantarlih) sebanyak 2.715 orang melalui pencocokan dan penilitian tersebut akan ditemukan data warga baik yang sudah memiliki KTP elektronik maupun yang seharusnya memiliki tetapi tidak mempunyai akan didata.

“Mulai Selasa (17/4) akan dimulai pencocokan dan penilitian,” katanya kepada wartawan, Senin (16/4/2017).

Ia mengatakan pantarlih melakukan melakukan pencocokan dan penelitian dengan mendatangi pemilih langsung. Mencocokan daftar pemilih pada formulir Model A-KPU dengan KTP elektronik.

“Pantarlih harus berkoordinasi dengan rukun tetangga dan rukun warga,” ujarnya.

Zaenuri mengatakan seluruh masyarakat akan didata dan nantinya jika tidak memiliki KTP-el akan disampaikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Kami akan koordinasi dengan Disdukcapil,” paparnya.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Gunungkidul, Arisandi Purba menyampaikan saat ini wajib KTP-el 599.801 dan sudah melakukan perekaman sebanyak 583.830 atau 97,34 persen.

“Sisanya sekitar 2,66 persen yang belum melakukan perekaman karena beberapa faktor, misalnya pindah domisili,” imbuhnya. (Heri Prastawa)

Related Post