Besok, Matahari Akan Melintas Tepat Diatas Ka’bah

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Diberitahukan kepada kaum Muslim di seluruh Indonesia berdasarkan data astronomi bahwa, pada hari Minggu 16 Juli 2017 besok, tepatnya pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA, matahari akan melintas tepat diatas Ka’bah. Fenomena semacam ini disebut dengan Rashdul Qiblah.

Sehingga dengan peristiwa tersebut, nanti bayang-bayang suatu benda yang berdiri dengan posisi tegak lurus, dimana saja akan mengarah lurus ke Ka’bah.

Kepala Seksi Humas Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Etni Priskila S menyampaikan bahwa informasi ini di sampaikan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam yang kemudian diteruskan ke seluruh wilayah di Indonesia.

“Sehubungan dengan hal itu, bagi kaum Muslim yang akan memperbaiki arah kiblatnya agar disesuaikan dengan arah bayang- bayang benda tersebut diatas,” jelas Etni.

Lebih lanjut Etni menjelaskan, hal yang perlu diperhatikan diantaranya, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau bisa juga pergunakan lot atau bandul.

“Permukaan dasar harus benar-benar datar dan rata,” tambah Etni.

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah jam pada saat pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post