Besok Pagi, Festival Durian Digelar

222 views
image

Foto: Dok Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Patuk – Setelah terhenti selama dua tahun, Festival Durian di Gogor Park, di Dusun Ngasemayu, Salam, Patuk kembali digelar. Puncak festival ini berlangsung Minggu (3/12/2017) besok pagi.

Camat Patuk Haryo Ambar Suwardi mengatakan, festival durian di Kecamatan Patuk merupakan agenda rutin yang diseleggarakan setiap tahun. Namun, sejak 2015 lalu, festival berhenti digelar karena buah durian yang dihasilkan mengalami kegagalan. Cuaca ekstrem yang terjadi dalam dua tahun terakhir membuat panen yang dihasilkan sangat minim sehingga festival dihentikan sementara waktu.

“Festival ini kembali digelar, mulai besok pagi pukul 09.00 WIB,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Sabtu (2/12/2017).

Menurut Ambar, di dalam festival akan diisi berbagai kegiatan mulai dari kontes, lelang, hingga bazar durian. Selain itu, dalam festival juga akan diisi dengan pameran seribu bunga matahari.

“Berbagai rangkaian kegiatan pun sudah dipersiapkan,” paparnya.

Ambar berharap agar kegiatan festival dapat berjalan dengan sukses dan mendatangkan ribuan pengunjung. Penyelenggaraan festival memiliki banyak manfaat. Selain untuk lebih mengenalkan komoditas asli buah durian asal Patuk, juga untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki.

“Jadi Festival Durian bisa menjadi ajang promosi pariwisata di Gunungkidul, khusunya di wilayah Patuk,” ungkapnya.

Ambar mengungkapkan, untuk sisi objek wisata, Patuk memiliki sejumlah destinasi yang menarik dikunjungi seperti air terjun kandang, gunung api purba Nglanggeran hingga kawasan gogor park di Salam.

Diprediksi dalam puncak acara akan dihadiri oleh Bupati Gunungkidul, Badingah.

“Khusus untuk durian, Patuk sudah memiliki jenis buah sendiri yang dikenal dengan vairetas Kencono Rukmi,” tutup Ambar. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post