BMKG: Curah Hujan Meningkat Sepekan Depan

363 views

image

Ilustrasi. (Foto: Ist)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi tingginya curah hujan akan berlangsung selaa sepekan kedepan. Hal itu termasuk pengingkatan dengan kategori tinggi.

Staf dan Data BMKG Yogyakarta, Indah Retno Wulan mengatakan, intensitas hujan di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya meningkat sepekan kedepan. Adapun intensitas hujan akan encapai puncaknya pada Januari mendatang. 

“Kandungan uap air di atas DIY relatif lembab, hal itu membuat banyaknya awan meningkat dan mengakibatkan intensitas hujan juga tinggi,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Rabu (30/11/2016).

Dia menuturkan, perkiraan hujan pada bulan November dan Desember pada umumnya berkisar 301 – 500 milimeter. Namun tren ini meningkat dan curah hujan pun terus tinggi. 

“Berdasarkan data BMKG tren ini terus meningkat, sehingga masyarakat diimbau untuk terus waspada,” jelasnya.

Indah menambahkan, khusus di bagian utara Gunungkidul yang merupakan daerah perbukitan dan rawan longsor agar terus selalu waspada saat terjadinya hujan. Hujan sangat tinggi akan berkisar selama sepekan kedepan dengan banyak terjadi saat menjelang sore hari hingga malam hari.

“Khusus diwilayah Gunungkidul bagian utara kami himbau untuk waspada saat menjelang sore hingga malam hari,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Gunungkidul, Budiharjo mengatakan, beberapa hari belakangan ini curah hujan sangat tinggi. Pihaknya terus menghimbau kepada semua warga di kecamatan Patuk, Nglipar, Gedangsari, Ngawen, Semin, dan Ponjong untuk waspada saat terjadinya hujan. Pihaknya juga telah menyiapkan alat untuk peringatan sejak dini jika terjadi adanya tenah longsor.

“Kesiagaan di berbagai wilayah harus ditingkatkan, agar sewaktu ada bencana warga selalu siap,” paparnya. (Bayu)

bmkg

Related Post