BPBD Berharap Bantuan Droping Air Dari Pihak Swasta

32 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul berharap ada pihak swasta membantu dalam dropping air di beberapa daerah yang terdampak kekeringan.

Berdasarkan data saat ini ada 11 kecamatan 54 desa dengan total 116.216 jiwa yang terdampak kekeringan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan anggaran untuk droping air mamang terbatas. Bantuan dari pihak swasta selalu kami harapkan.

“Jika ada swasta atau perusahaan yang membantu kami sangat berharap ada bantuan dari swasta untuk dropping air,” ujarnya, Selasa (10/7/2018) kemarin.

Saat ini pihaknya telah menyiapkan dana sebesar 638 juta untuk membantu dropping air di wilayah yang berdampak kekeringan, dengan total 3380 tangki air yang akan dikirim kepada daerah terdampak.

“Anggaran dana hampir setara dengan tahun lalu untuk dropping air tahun ini,” ungkapnya.

Untuk mencukupi kebutuhan dropping air, pihaknya tidak hanya mengambil air dari daerah Gunungkidul saja tetapi juga mengambil dari daerah luar Gunungkidul.

“Kami harus mendatangkan air dari Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah dan wilayah Bantul karena sumber air paling dekat ada di daerah tersebut,” terangnya.

Ia mengatakan setiap harinya BPBD mengirimkan enam tangki air bersih menggunakan tangki BPBD ke daerah terdampak kekeringan.

“Setiap harinya kami mengirim masing-masing tangki sebanyak empat kali dropping, dan dilakukan sesuai dengan alamat dan nama penerima,” terangnya.

Ia mengatakan yang menjadi kendala saat ini adalah bukan dari pendistribusian air tetapi antrian pengisian tangki ditempat sumber air.

“Antriannya lama 20-30 menit, kekeringan mulai terasa di bulan juni prediksi hingga bulan oktober nanti kekeringan,” tutupnya. (G1)

Related Post