BPBD Siapkan Puluhan Desa Tanggap Bencana

362 views
image

Foto: Dok Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kabupaten Gunungkidul tercatat sebagai wilayah rawan longsor saat musim penghujan. Oleh sebab itu, persiapan pun sangatlah diperlukan, mengingat bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Sutaryono mengatakan, ada seratus lebih titik rawan bencana longsor yang bisa terjadi kapan saja di Gunungkidul, apalagi sebentar lagi akan masuk musim penghujan.

“Daerah yang sering terjadi longsor yaitu Patuk, Gedangsari, Semin, Nglipar, dan Ponjong itu yang rawan, biasanya kalau curah hujan sudah tinggi, sekitar bulan Desember,” papar Sutaryono, Jumat (3/11/2017).

Untuk mempersiapkan bencana longsor ini, Sutaryono mengungkapkan sudah mempersiapkan masyarakat dengan membentuk desa-desa tangguh bencana, lalu juga meningkatkan kapasitas masyarakat, dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Totalnya ada sekitar 40 desa yang sudah kita siapkan, itu menjadi sangat penting, karena kalau masyarakatnya sudah siap siaga, mereka jadi tahu apa yang harus dilakukan, dan penanggulannya jadi lebih cepat,” tuturnya.

Selama ini kendala yang sering dihadapi ada pada lokasi dan medan yang akan dilalui oleh tim BPBD ketika akan melakukan evakuasi bencana.

Terlebih lagi medan yang ada di Gunungkidul rata-rata berbukit dan jauh.

“Lokasi yang paling banyak membutuhkan waktu yaitu Gedangsari, sekitar memakan waktu 45 menit, belum lagi ada medan yang tidak bisa dilewati mobil dan motor, sehingga kita harus jalan kaki,” terang Sutaryono.

Ia pun menjelaskan jumlah anggota dari BPBD Gunungkidul hanya ada sekitar 13 orang, namun dengan jumlah anggota yang sedikit itu mereka memfokuskan pada relawan bencana tingkat desa.

“Di semua kecamatan ada, kan di Gunungkidul ini kearifan lokalnya sangat tinggi, sehingga kami memanfaatkan hal tersebut dalam membantu mengevakuasi korban, sehingga korban jiwa pun bisa diminimalisir,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post