Buat yang Suka Ngupil: Ini Alasan Kalau Ngupil Itu Gak Baik Bagi Kesehatan!


​Gunungkidulpost.com – Gak bisa nahan keinginan kuat untuk ngupil? Selain gak sopan kalau dilakukan di depan umum, ngupil juga menyimpan bahaya untuk kesehatanmu karena kuman-kuman akan masuk ke dalam hidungmu, terutama bakteri.

Kalau kamu masih belum percaya dan pengen tetep ngupil, maka kamu harus baca artikel ini sampai selesai.

Penasaran gak kenapa orang yang sering ngupil (hampir semuanya) pasti juga sering berjerawat? Karena ngupil bakal ‘mentransfer’ bakteri yang ada di jarimu ke dalam hidungmu, dan itu bisa membuat kulit wajahmu terinfeksi. Selain itu ngupil bisa menyebabkan vestibulitis, yaitu suatu peradangan pada selubung akar rambut (folikel) di dalam vestibulum (bagian depan rongga hidung). Peradangan bisa menyebabkan pembentukan keropeng dan bila ujung atau sayap hidung ditekan akan terasa nyeri; dan hal ini seringkali berulang.

Dalam kasus langka, ngupil juga bisa membuat infeksi menyebar ke otak karena pembuluh darah utama hidung langsung terhubung ke otak. Ngeri kan?

Ngupil bisa menyebabkan abrasi pada rongga hidung yang membuat kuman-kuman betah tinggal di dalamnya.

“Peredaran darah pada hidung sangat intens, ada lima arteri utama yang terhubung ke hidung. Ketika abrasi terjadi maka pendarahan juga akan hebat. Dan itu sebabnya kenapa anak kecil sering mimisan.” Ungkap Dr Voigt ke Business Insider.

Kebiasaan jorok ini bisa menyebabkan septum hidungmu terluka, septum adalah bagian di antara lubang hidungmu.

Daripada ngupil, lebih baik pakai sapu tangan atau tisu untuk membersihkan hidungmu. Dan jika terpaksa menggunakan tangan, maka cuci tangan setelah ngupil ya!

Selamat ngupil!

Referensi : http://www.idntimes.com/tita/kamu-suka-ngupil-ternyata-selama-ini-ngupil-itu-gak-baik-bagi-kesehatan

Related Post