Budidaya Udang Tawar Lebih Menjajikan daripada Ikan Tawar

644 views

image

Budidaya udang. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Sepinya omset bisnis ikan tawar, membuat warga di Dusun Selagi, Desa Umbulrejo, Ponjong mulai memanfaatkan telaga untuk pengembangan udang. 

Dari hasil usahanya, warga mampu menghidupi keluarganya berkat hasil panenan udang yang lebih menjanjikan. Udang yang dibandrol dengan harga Rp 30 ribu per kilogram tersebut mulai kebanjiran order hingga ke luar kota.

Salah satu petani udang, Tri Hantoro mengatakan, hasil tanggapan udang lebih menjanjikan dari pada bisnis ikan air tawar. Meski per koligra hanya di bandrol dengan harga Rp 30 ribu, namun usahnya mampu menyalip bisanis budidaya ikan.

“Musim paceklik ikan membuat kami berinisiatif untuk mengembangkan udang, dan hasilnya cukup lumayan,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Minggu (27/11/2016).

Dia menuturkan, kini warga mulai berlih yang semula bisnis ikan air tawar seperti nila dan bawal, kini memilih untuk mengembangkan udang. Meski miskin pengalaman mengenai budidaya udang, namun pihaknya yakin dapat berkembang pesat.

“Belum pernah belajar budidaya udang, dan ini hanya sebatas semampunya pemikiran kami saja. Namun hasilnya lumayan, per hari bisa memanen hingga 5 kilogram dan mendapatkan uang sebanyak Rp 150 ribu,” bebernya.

Tri Hantoro berharap, pemerintah daerah memberikan pelatihan mengenai cara budidaya udah. Sehingga puluhan warga uang turut pengembangkan budidaya udang ini mendapatkan pendidikan dan pelatihan guna mengembangkan budidaya udan tersebut.

“Selama ini belum ada pelatihan. Harapan kami pemerintah mmemberikan bantuan dan pelatihan terkait pengembangan udang di Ponjong ini,” pungkansya. (Bayu)

Related Post