Bukit Runtuh, Ijin Penambangan Dipertanyakan

image

Kapolres Gunungkidul, AKBP Nugrah Trihadi Saat Memantau Kondisi Tebing. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Ngawen –  Bencana batu longsor yang terjadi di Padukuhan Jentir, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen memimbulkan sejumlah spekulasi mengenai izin pengelolaan area tambang yang ada.

Sejumlah warga mengaku kebinggungan dengan adanya aktifitas penambangan padahal mereka selama ini belum pernah mendapatkan pemberitahuan.

Kepala Desa Sambirejo Yuliarsih Dwi Martini mengatakan, selama ini dirinya belum pernah mendapatkan maupun menerima pemberitahuan terkait ijin tambang di lokasi tebing yang runtuh. Dia pun belum dapat menjelaskan secara rinci terkait perijinan tambang tersebut.

“Selama ini kami belum mengetahui soal perijinan tambang di area tebing yang roboh,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (6/3/2017).

Menurut Yuliarsih, sebelumnya pemdes telah memberikan teguran baik secara lisan maupun tertulis kepada pihak pengelola tambang lantaran dinilai menggunakan alat berat. Namun pihak pengelola pun tak ada respon yang baik.

“Saya sudah mengirimkana teguran ke pihak pengelola namun tak direspon dengan baik. Salin itu juga sudah saya laporkan ke Pak Camat jika ada aktivitas tambang yang menggunakan alat berat,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBP Nugrah Trihadi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan terkait adanya izin aktifitas penggalian tambang dilokasi kejadian. Ia mengaku, akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Gunungkidul untuk melakukan penyelidiakan terkait perijinan tambang.

“Kami akan segera koordinasi untuk melacak soal ijin tambang yang ada dilokasi tebing yang runtuh,” ucapnya.

Menurut Nugrah, jika nantinya aktifitas tambang tersebut tak mengantongi ijin secara resmi. Pihaknya berjanji akan mengusut secara tuntas.

“Kita tunggu dulu soal perijinanya seperti apa, sementara masih kita dalami. Jika nantinya terbukti tidak mengantongi ijin tambang, kami akan usut tuntas,” tandasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post