Bulan Oktober Hingga Januari 2017 Siaga Darurat Bencana Banjir

665 views

Ilustrasi/net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Status siaga darurat bencara banjir dan longsor dimulai akhir Oktober 2016 hingga Januari 2017 mendatang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, menghimbau kepada seluruh warga di zona longsor untuk selalu waspada saat terjadi hujan lebat.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Budhi Harjo mengatakan, penetapan status tersebut didasarkan prakiraan kondisi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta soal intensitas curah hujan yang akan terjadi dalam beberapa pekan kedepan. Sehingga pihaknya mengeluarkan status siaga. 

“Status siaga darurat bencara banjir dan longsor sekarang hingga Januari 2017,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (31/10/2016).

Menurut Budi, wilayah yang rentan banjir seperti kecamatan wonosari,Nglipar, Ngawen dan Semin. sementara untuk longsor ada enam kecamatan yakni  Gedangsari, Nglipar, Semin, Ngawen, Ponjong, dan Patuk.

“Ada 63 titik berpotensi longsor yang pernah terjadi longsor di sebagian wilayah Gedangsari, Patuk, dan Semin,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 24 personil Tim Reaksi Cepat untuk siaga selama 24 jam penuh.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan forum desa pengurangan risiko bencana,” pungkasnya. (Bayu)

banjir siagabencanabanjir

Related Post