Bupati: Ada PNS Ikut Kampanye Laporkan!!!!

27 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki masa kampanye, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gunungkidul mesti netral dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Gunungkidul, Badingah.

Badingah juga menghimbau kepada masyarakat jika nantinya melihat atau mengindikasi seseorang ASN tidak netral dapat melaporkan kepada instansi terkait.

“ASN harus netral. Pertama kami akan ingatkan jika memang ada temuan ASN yang tidak netral,” kata Badingah, Kamis (27/9/2018).

Jika memang ASN tersebut tidak bisa diingatkan secara langsung atau tatap muka, Badingah mengungkapkan Pemkab akan memberikan surat teguran secara tertulis, sesuai mekanisme yang ada.

“Kami siap tindak tegas jika ada ASN yang nekat langgar aturan,” ucap Badingah.

Sementara itu, Komisioner Bidang penanganan pelanggaran Bawaslu, Gunungkidul, Sudarmanto mengatakan pihaknya juga terus mengawasi ASN agar terjaga netralitasnya.

Jika ada temuan atau indikasi ASN yang tidak netral Bawaslu Gunungkidul dipastikan akan menindaklanjuti laporan tersebut. Baik bagi ASN, TNI, maupun Polri.

“Kami sudah ada buku panduannya. Kami juga dalam hal ini bekerjasama dengan instansi untuk kemudian ada himbauan untuk netral. Selain itu kami juga membuat surat edaran. Kami juga melakukan pengawasan langsung,” ujarnya.

Sudarmanto menambahkan pengawasan netralitas tersebut dilakukan tidak hanya pada ASN, namun juga perangkat desa, TNI, Polri dalam proses Pemilu ini juga bekerjasama dengan instansi terkait.

“ASN, TNI, Polri, dan Perangkat Desa harus netral jadi jangan sampai melanggar aturan yang berlaku,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post