Bupati Dan BDG Kembali Raih Penghargaan

67 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bupati Gunungkidul Badingah berhasil meraih TOP Pembina BUMD 2018.

Penghargaan tersebut diterima bersamaan dengan ajang penghargaan bertaraf nasional “TOP BUMD 2018″ yang diterima oleh PD BPR Bank Daerah Gunungkidul (BDG).

Hal itu dikarenakan peran kontribusi daerah sangat baik dalam membina dan mendukung BUMD untuk berprestasi dan berkinerja baik.

“Penghargaan yang telah diterima Bank Daerah Gunungkidul merupakan hasil bersama sinergi antara BDG dengan Pemda Gunungkidul, dan seluruh stakeholder dan patut disyukuri serta dibanggakan, dan penghargaan TOP BPR 2018 dan TOP Pembina BUMD 2018 juga merupakan kado istimewa dari PD BPR BDG untuk Gunungkidul karena bertepatan dengan HUT Gunungkidul Ke 187 yang jatuh pada tanggal 27 Mei 2018,” kata Direktur Utama BDG Rini Widiyanti kepada wartawan, Senin (7/5/2018).

Menurut Rini, diharapkan penghargaan ini menjadi pemicu yang mendorong PD BPR BDG semakin bergerak maju melakukan pembenahan dan pengembangan.

Dengan diraihnya penghargaan ini, makaPD BPR Bank Daerah Gunungkidul (BDG) untuk ketiga kalinya mendulang kembali prestasi pada salah satu ajang penghargaan bertaraf nasional.

“TOP BUMD merupakan kegiatan pemberian penghargaan kepada BUMD, CEO BUMD, dan Pembina BUMD, yang dinilai telah memiliki prestasi/kinerja yang baik serta berkontribusi tinggi dalam pembangunan, terutama di daerah,” ujarnya.

Penilaian yang dilakukan oleh dewan juri, menilai kontribusi BUMD, tidak hanya melihat dari kinerja usaha dan sumbangan PAD-nya saja, namun yang jauh lebih penting adalah bagaimana peran, keberpihakan, dan keterlibatan BUMD agar menjadi motor pembangunan perekonomian daerah dalam Percepatan Pertumbuhan Ekonomi daerah.

“Fokus penilaian yang dilakukan oleh Dewan Juri, terdiri dari dua aspek, yakni achievement (prestasi) dan improvement (peningkatan) yang telah dilakukan oleh BUMD, dalam 1-2 tahun terakhir, yang dikaitkan dengan semangat Nawacita dan Revolusi Mental,” bebernya.

Berta Kehadiran BPR juga diharapkan dapat mendukung pemberantasan renternir, karena itu adalah salah satu upaya nyata untuk mendorong masyarakat bawah menjadi naik kelas, dan tidak terjebak dalam jeratan kemiskinan yang berkelanjutan.

“Tujuan utamanya agar masyarakat lebih sejahtera dan terhindar dari permasalahan kemiskinan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul mengaku bangga dengan diraihnya prestasi TOP Pembina BUMD 2018. Pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kinerja dalam rangka mengentaskan permaslahan kemiskinan yang ada diwilayah Gunungkidul.

“Tujuan utama kami dengan penghargaan ini tak lain adalah meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” papar Badingah.

Dia menambahkan, dengan adannya booming pariwisata saat ini pihaknya pun semakin yakin bahwa usaha untuk meningakatkan perekonomian masyarakat mesih terbuka lebar. Untuk itu Badingah berharap, masyarakat tidak putuas ada dengan masalah usaha, karena masih banyak peluang untuk terus timbuh dan mengembangkan usahaknya terlebih dikawasan obyek wisata.

“Mudah-mudahan harapan kami hubungan Pemkab dengan masyarakat lebih dekat. Dan kami pun akan terus mendukung usaha demi meningakatkan kesejahteraan warga,” tutup Badingah. (Redaksi)

Related Post