Bupati Panggil Puluhan Kepala OPD

image

Bupati Gunungkidul Memanggil 46 Kepala OPD. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bupati Gunungkidul Hj Badingah S.Sos memanggil 46 kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ke Bangsal Sewoko Projo, Kamis, (31/08).

Para Kepala OPD ini diminta menandatangani Pembaharuan Pakta Integritas. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih,

Selain itu, 48 Aparatur Sipil Negara dikukuhkan sebagai Agen Perubahan. Acara dilaksanakan sekaligus untuk memberi makna berkaitan  dengan momentum peringatan pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012  tentang Keistimewaan DI. Yogyakarta.

Badingah menyampaikan bahwa reformasi birokrasi menjadi sebuah keharusan di era sekarang, sejalan dengan tuntutan masyarakat terhadap transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good governance).

“Pembaharuan Penandatanganan Pakta Integritas Kepala OPD dan Pengukuhan Agen Perubahan merupakan upaya membangun komitmen sekaligus konsensus bersama seluruh pemangku kepentingan untuk untuk melaksanakan reformasi birokrasi di Kabupaten Gunungkidul secara konsisten,” urai Badingah.

Libih lanjut Bupati menjelaskan, penandatanganan Dokumen Pakta Integritas oleh Kepala OPD dan ASN adalah wujud pernyataan atau  janji kepada diri sendiri  untuk berkomitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang, dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan,  dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Dengan dipilihnya seluruh Kepala OPD  dan ASN sebagai agen perubahan sebagai Role Model, diharapkan Pemkab Gunungkidul dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang Baik.

Untuk mewujudkannya, dari aspek regulasi Pemkab Gunungkidul telah mengeluarkan 2 kebijakan dengan dasar pada  Permen PAN dan  RB Nomor:  10 Tahun 2011 tentang Pedoman  Pelaksanaan Program  Manajemen Perubahan. Dua regulasi tersebut yaitu, Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor: 154/KPTS/TIM/2017 tentang Pembentukan Tim Pengelola Perubahan di Lingkungan Pemerintah Daerah  tertanggal 18 Juli 2017; dan Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor: 204/KPTS/2017 tentang Penunjukan Agen Perubahan di Lingkungan Pemerintah Daerah,tertanggal 15 Agustus 2017.

“Salah satu faktor penting lain dalam perubahan adalah pola pikir dan budaya kerja di lingkungan Perangkat Daerah adalah adanya keteladanan berperilaku nyata dari pimpinan dan individu ASN, apalagi masyarakat kita lekat akan budaya dan nilai kepatuhan terhadap pimpinan,” terang Badingah.

Menurut Bupati, pimpinan OPD juga mempunyai pengaruh luas, sehingga perilaku Kepala OPD akan menjadi  contoh bagi bawahan untuk bertindak dan berperilaku.

“Perilaku pimpinan yang sesuai dengan nilai yang dianut organisasi akan memudahkan usaha untuk mengubah perilaku bawahannya,” pungkas Badingah

Selain unsur pimpinan, diperlukan juga beberapa sosok PNS untuk menjadi unsur penggerak utama perubahan yang sekaligus dapat menjadi contoh dalam berperilaku bagi seluruh individu anggota organisasi yang ada. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post