Bupati Resmikan 20 Rintisan Desa Budaya

209 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Sebanyak 20 Desa telah ditetapkan sebagai Rintisan Desa Budaya. Penetapan tersebut dilakukan secara resmi oleh Bupati Gunungkidul, Badingah di Alun-alun Wonosari, Senin (5/8/2019) sore.

Bertepatan dengan kegiatan tersebut, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul juga mengelar pentas budaya yang di mulai pada Senin (5/8) – (9/8).

Kepala Dinas Kebudayaan, Agus Kamtono dalam sambutannya menuturkan tujuan diadakannya Gelar Potensi Desa Rintisan Budaya adalah untuk melestarikan dan mengembangkan potensi desa budaya, serta untuk memberikan ruang kepada desa mengekspresikan kreasi desa budaya.

“Selain untuk melestarikan dan mengembangkan potensi, adanya acara terserbut juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan memperkokoh persatuan,” tuturnya.

Agus menjelaskan melalui gelar potensi rintisan budaya akan terlihat berbagai potensi desa rintisan.

“Berbagai potensi seperti pagelaran seni dan permainan tradisional, adat dan tradisi, implementasi bahasa dan aksara jawa serta kerajinan dan kuliner,” urainya.

Dia berharap adanya acara terserbut kedepan lebih baik dan menjadi daya tarik wisatawan yang hadir ke Gunungkidul.

“Adanya Gelar potensi rintisan desa budaya dapat menjadi titik awal yang nantinya dapat dikembangkan dan dikemas lebih baik dan dapat menjadi daya tarik wisata,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S. Sos mengatakan dengan adanya gelar potensi rintisan desa budaya dapat menunjukan eksistensi desa serta pegiat seni dan budaya.

“Melalui acara ini potensi desa budaya yang ada dapat dilestarikan dan dikembangkan. Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan akan berusaha memfasilitasi dalam proses tahapan rintisan desa budaya.” ujarnya.

Badingah berharap ke -20 Desa rintisan budaya dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik.

“Dengan semakin banyaknya desa budaya akan semakin banyak pula produk seni dan budaya lokal yang akan memperkuat identitas Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya.” harapnya.

Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya ini didanai menggunakan dana APBD Kabupaten Gunungkidul, melalui Dana Keistimewaan 2019. Dari 20 desa akan ditetapkan oleh juri 5 terbaik dan pemenang mendapatkan tropi serta piagam. (Falentina)

Related Post