Bupati Resmikan Pabrik Genting di Gunungkidul

528 views

Ilustrasi. Net


Gunungkidulpost.com – Ngawen – Bupati GunungKidul Badingah S.sos resmikan sentra industri genteng di Dusun Sambeng, Sambirejo, Kecamatan Ngawen. Dengan adanya sentra industri genteng, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan industri genteng dapat memacu semangat warga untuk berkembang lebih, sehingga potensi daerah ini bisa terangkat, dan nantinya kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat. “Kami berharap dengan hadirnya industri genteng bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sini, dan bisa memacu daerah lain agar melakukan hal yang sama,” katanya Rabu (25/01/2017). 

Menurutnya, potensi yang dikembangkan didaerah lain bisa beragam sesuai dengan karakternya. Apalagi potensi sumber daya alam di Gunungkidul sangat melimpah dan beraneka ragam. “Kami sangat salut terhadap warga sini, usaha yang dilakukan oleh warga Sambirejo mampu memanfaatkan potensi yang ada untuk berusahawan,” tandasnya.

Ia berharap pemanfaatan potensi alam harus dilakukan ramah lingkungan. Sehingga tidak merusak alam sekitar. “Jangan sampai merusak alam, Jangan asal dan harus menggunakan perhitungan yang matang,” katanya.

Sementara itu Ketua Kelompok Sari Bumi Jaya Sido Miharjo mengatakan, industri pembuatan genteng kelompoknya diisi 23 pengusaha lokal, yang terdapat 220 tenaga kerja didalamnya. Tahun lalu secara total di kelompok ada omzet sebesar Rp4,9 miliar.”Kelompok kami mampu menyerap ratusan tenaga kerja lokal,” katanya.

Ia juga menambahkan, dengan serapan tenaga kerja yang cukup banyak sehingga warga yang tidak bertani bisa bekerja. Apalagi, saat ini hasilnya tidak hanya untuk lokal Gunungkidul tetapi sudah mencapai di eks Karasidenan Surakarta seperti Klaten, Sukoharjo, Wonogiri dan Boyolali. “Semoga bisa lebih meningkat di setiap tahunnya,”tambahnya. (Heri) 

Related Post