Butuh Rp 90 Miliar Untuk Bangun Dua Rumah Sakit

135 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul serius meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Hal itu terbukti bahwa dua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) akan ditingkatkan statusnya menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sakit ini mencapai sekitar Rp90 miliar. Dua tempat itu yakni Puskesmas 2 Patuk dan Puskesmas 2 Ponjong.

Sekretaris Dinas Kesehatan Gunungkidul Priyanta Madya Satmaka mengatakan, peningkatan status dua puskesmas sudah dilakukan sejak tahun lalu dengan upaya pembebasan lahan.

“Setelah adanya pembebasan lahan dan penyusunan masterplan, di tahun ini kami membuat Detail Engineering Design [DED] untuk peningkatan status dua puskesmas,” ujarnya, Kamis (8/3/2018).

Menurut dia, penyusunan DED ditarget selesai tahun ini sehingga proses pembangunan dapat dilakukan secepatnya. Untuk alokasi anggaran membutuhkan biaya sekitar Rp90 miliar.

“Masing-masing puskesmas butuh biaya sekitar Rp45 miliar. Rinciannya, untuk pembangunan fisik membutuhkan Rp20 miliar dan penyediaan alat kesehatan Rp25 miliar,” ungkapnya.

Priyanta menambahkan, estimasi anggaran sebesar Rp90 miliar itu masih sebatas perkiraan awal. Ini lantaran, untuk kepastian masih menunggu selesainya penyusunan DED.

“Mudah-mudahan penyusunannya cepat selesai sehingga ketahuan angkanya berapa,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post