Caleg Dan Partai Harus Taati Aturan Pemilu

26 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Gunungkidul menghimbau kepada para peserta pemilu untuk mentaati aturan yang berlaku.

Hal itu seiring dengan kerap ditemukannya pelanggaran alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di kawasan terlarang.

Bidang Penanganan Pelanggaran Bawaslu Gunungkidul, Sudarmanto mengungkapkan berkaca dari pemilu sebelumnya, pihaknya kerap menemukan adanya parpol maupun caleg yang memasang APK di tempat yang tidak seharusnya.

“Ada juga temuan spanduk ataupun banner APK yang masangnya di pohon, lalu dipaku menggunakan paku ukuran besar, ini kan justru merugikan lingkungan, dilihat mata juga tidak nyaman,” ucap Sudarmanto kepada wartawan, Sabtu (22/9/2018).

Dia mengungkapkan kerap ditemukannya pelanggaran pemasangan APK lantaran parpol maupun caleg saat ini mengambil jalan instan dengan menyerahkan pemasangan APK ke pihak ketiga.

Dia berharap pada masa kampanye untuk pemilu 2019, pelanggaran seperti itu bisa diminimalisir. Dia pun meminta para parpol maupun caleg untuk memahami aturan yang ada khususnya soal pemasangan APK.

“Sedikitnya 157 APK yang terpasang di sejumlah titik di Gunungkidul telah ditertibkan Bawaslu Gunungkidul pada Kamis kemarin,” paparnya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Gunungkidul, Tri Widodo mengatakan
penertiban APK yang bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Gunungkidul ini sebagai upaya untuk mengkondusifkan masa tenang sebelum waktu kampanye yang jatuh pada Minggu (23/9) besok.

“Sasaran kami ada banner, spanduk, bendera dan sticker di beberapa wilayah. Setelah itu kami simpan ke gudang milik kantor [Bawaslu],” tuturnya. (Heri)

Related Post