Calo Bodong Incar Calon TKI di Gunungkidul, Korban Sudah Berjatuhan !!!

610 views
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bagi warga Gunungkidul yang ingin mengais rejeki ke luar negeri untuk lebih berhati-hati. Pasalnya pasalnya penipuan berkedok calo tenaga kerja semakin marak terjadi.  Selama ini enam warga Desa Bunder, Kecamatan Patuk telah menjadi korban penipuan oleh calo yang menawarkan kerja ke luar negeri.

Pejabat Fungsional Pengantar Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Gunungkidul, Tugino mengatakan, calo berkedok penyalur tenaga kerja ke luar negeri telah marak terjadi di Gunungkidul. Dari data yang ada sejauh ini enam warga Desa Bunder, Kecamatan Patuk telah menjadi korban calo tersebut.
“Korban telah dijanjikan bekerja di Australia oleh seseorang dengan membayar biaya  awal Rp 6 juta. Namun setelah lama ditunggu, ternyata tidak ada kabar rencana keberangkatan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (24/11/2016).
Dia menuturkan, para warga tersebut tidak diberikan visa kerja, namun visa berkunjung yang hanya berlaku tiga bulan. Para korban telah melakukan mediasi namun tak ada hasil yang positif.
“Pelaku yang diketahui bernama Chandra warga Solo sanggup mengembalikan uang yang sudah distorkan oleh korban. Terlepas dari itu bentuk-bentuk penipuan TKI harus diwaspadai,” ungkapnya.
Untuk itu, pihaknya berharap semua warga yang ingin menjadi TKI bisa mengetahui PJTKI yang resmi. Sehingga jangan sampai ada korban yang berkelanjutan.
“Untuk enam korban tersebut memang iming imingnya kerja di Australia dengan gaji Rp 40 juta setiap bulan. Ini sangat menggiurkan,” beber Tugino. (Bayu)

calotki tkiterlantar

Related Post