Cari Atlet Catur Potensial Diajang Porkab Gunungkidul

54 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ratusan atlet catur beradu kemampuan diajang Pekan Olahraga Kabupaten yang berlangsung di Pendopo Bangsal Sewokoprojo, 8 – 9 September 2018.

Kejuaraan ini sekaligus sebagai ajang pembinaan dan mencari bibit unggul daerah guna meningkatkan potensi khusunya di nomor cabang olahraga catur.

“Ini sekaligus sebagai persiapan Porda Tahun 2019 mendatang. Untuk itu bibit unggul daerah terus kami asah dalam setiap event pertandingan,” kata Ketua Percasi Gunungkidul, Bambang Sutrisna kepada wartawan, Minggu (9/9/2018).

Menurut Bambang, kegiatan ini diikuti oleh semua kelompok umur diantaranya mulai dari anak-anak hingga orang tua. Pihak panpel pun tidak membatasi jumlah peserta, sehingga tidak ada bantasan umur.

“Porkab cabang olahraga catur ini dikuti oleh ratusan peserta dari perwakilan 18 kecamatan se-Gunungkidul,” ucap Bambang.

Dia menuturkan, atlet senior catur diwilayah Gunungkidul sudah mulai sulit untuk dikembangkan kemampuanya sehingga dirinya berharap mampu kedepan muncul atlet junior yang terus mengharumkan nama baik Gunungkidul melalui catur.

“Dulu kami peringakat lima DIY, namun kemarin mampu menduduki peringat ke dua. Dengan hasil inilah kerja keras dan perjuangan atlet catur mulai menunjukkan kemajuan ditingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Harian Pengda Percasi DIY.H Tommy Harahap mengatakan, mengembangakan atlet muda daerah sangat perlu didukung dari semua elemen untuk mampu mengukir prestasi. Oleh sebab itu, sangat penting adanya perlombaan maupaun even tanding cabor catur.

“Karena Gunungkidul dianggap sebagai penyemai tunas catur muda yang potensial kami harap pembinaan atlet muda terus ditingkatkan,” papar Tommy.

Dia menambahkan, pemusatan latihan dan turnamen adalah jalan terbaik bagi pembinaan catur. Sehingga terus dilakukan pembinaan atlet yang akan dikirimkan di Kejurnas Aceh bulan depan.

“Bulan depan ada Kejurnas sehinga bisa disiapkan dengan matang melali ajang Porkab ini,” ungkapnya.

Adapun lima terbaik perolehan medali Cabang Olahraga Catur antara lain:

  • Wonosari; 2 emas, 3 perak, 1 perunggu
  • Playen; 2 emas
  • Ponjong; 1 emas, 1 perak, 2 perunggu
  • Paliyan; 1 emas
  • Semin; 1 perak, 1 perunggu

Related Post