Cegah Bunuh Diri, Satgas Berani Hidup Keluarkan Jurus Baru

513 views

image

Ketua Satgas Berani Hidup, Immawan Wahyudi. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Guna melakukan pencegahan bunuh diri yang marak terjadi, Satgas berani hidup Pemkab Gunungkidul mulai merumuskan untuk menurunkan kasus bunuh diri.

Ketua Satgas berani hidup, Immawan Wahyudi mengatakan, pihaknya merekemondasikan untuk ada beberapa yang akan dilakukan untuk mencegah kasus bunuh diri di Gunungkidul. Yang pertama melakukan identifikasi yang dilakukan oleh psikolog yang anantinya akan ditempatkan di setiap puskesmas.

“Saat ini Puskesmas belum dilengkap  dengan petugas psikolog, untuk mengenditifiakasi awal guna pencegahan aksi yang mengarah ke bunuh diri,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (21/2/2017).

Menurut Immawan, Puskesmas merupakan salah satu garda terdepan dalam kesehatan masyarakat. Sehingga nantinya juga ada sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan bunuh diri. Selain itu, jangka menegah diperlukan cara yang lebih komunikatif dengan warga. Salah satunya melalui tokoh agama yang terus melakukan sosialisasi kepada warga melalui kegiatan keagamaan.

“Diperlukan pengamatan dini secara psikologis dipuskesmas. Selain itu juga perlu adanya peningkatan religiulitas dan spiritualitasnya,” ucap Immawan.

Terpisah, Anggota satgas berani hidup yang juga dokter kesehatan jiwa RSUD Wonosari, Ida Rochmawati mengatakan, tingginya kasus bunuh diri setiap tahunnya juga mengalami pergeseran dari segi usia. Sebelumnya banyak kasus usia diatas usia 60 tahun, namun saat ini sudah mulai dibawah 60 tahun. Ada dua faktor penyebab bunuh diri yaknii faktor biologi, psikologi, dan sosial. Untuk itu diperlukan penanganan serius dan sedini mungkin. 

Ida menyebutkan faktor sosial atau budaya yang menyebutkan penyebab bunuh diri yang banyak dipercaya masyarakat mengenai pulung gantung. Sehingga perlu penanganan yang sinergis antara semua lini untuk mengantisipasinya.

“Selama ini tidak ada aturan yang mengikat secara sistem, untuk upaya pencegahan bunuh diri,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post