Cegah Mafia Pangan, Polisi Perketat Pengawasan

37 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kepolisian Resor Kabupaten Gunungkidul, akan memperketat pengawasan terhadap distribusi bahan pangan untuk mencegah mafia pangan saat bulan ramadhan.

Hal itu diungkapkan oleh Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Riko Sanjaya mengatakan pihaknya mengincar para pengusaha yang menimbun barang kebutuhan pokok saat ramadhan terutama menjelang hari raya.

“Kegiatan pengawasan akan mulai dilakukan sejak awal puasa ini. Penimbunan barang ini merupakan kegiatan ilegal yang bisa diproses secara pidana,” katanya kepada wartawan, Jumat (18/5/2018) kemarin.

Menurut Riko, saat ramadhan dan menjelang hari raya, potensi penimbunan kebutuhan pokok sangat tinggu. Untuk itu, diperlukan pengawasan dengan melibatkan semua pihak.

“Pada masa ini biasanya memang kebutuhan masyarakat semakin meningkat dan diikuti dengan kenaikan harga secara masif,” ujar Riko.

Dia mengatakan beberapa waktu lalu telah mendatangi sejumlah gudang-gudang penyimpanan bahan pokok. Pada kesempatan tersebut untuk sementara, tidak ditemukan adanya praktik-praktik penimbunan barang.

“Akan terus kita pantau, kita sudah ada semua datanya,” paparnya.

Riko mengatakan Satgas Pangan Gunungkidul dalam waktu dekat ini akan memberikan peringatan resmi kepada pelaku usaha agar tidak sembarangan dalam mencari keuntungan.

Para pelaku usaha akan diundang untuk duduk bersama Direktorat Kriminal Khusus Polda DIY untuk diberikan sosialisasi. Yang krusial dari pertemuan ini adalah pembentukan komitmen bersama diantara para pelaku usaha, pemerintah maupun kepolisian untuk bisa menjaga stabilitas harga pangan saat puasa dan hari raya lebaran.

“Kami masih kedepankan tindakan persuasif saja, sebelum kita warning kita ajak duduk bersama,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pada ramadhan dan lebaran tahun lalu, harga pangan di Gunungkidul masih cukup stabil sehingga tidak memberatkan masyarakat.

“Pengawasan itu penting kami lakukan untuk menjaga stabilitas harga pangan,” pungkas Riko. (Heri Prastawa)

Related Post