Cuaca Buruk, Pak Kades Diminta Siapkan EWS

101 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Awal musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta kepada seluruh kepala desa yang wilayahnya sudah dipasangi Early Warning System (EWS) untuk melakukan pengecekan.

Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah EWS masih bisa bekerja secara maksimal atau tidak.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan setidaknya ada 30 titik yang dipasangi EWS oleh BPBD DIY. Untuk itu ia meminta kepada Pemdes sedera melakukan pengecekan.

EWS tersebut merupakan hibah dari BPBD DIY kepada masing-masing desa.

“Jadi EWS tersebut hibah langsung dari BPBD provinsi ke desa, jika ada kerusakan saya harap pemerintah desa segera melaporkan,” katanya, Rabu (5/12/2018).

Tidak hanya melakukan pemeriksaan, BPBD juga meminta kepada pemerintah desa untuk mengaktifkan EWS tersebut sehingga bisa meminimalisir korban jika nantinya terjadi bencana alam.

“Kami himbau untuk segera mengaktifkan EWS,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menuturkan memasuki musim penghujan pihaknya menghimbau kepada warga yang berada dititik rawan bencana untuk tetap waspada.

Menurut dia cuaca yang buruh akan terjadi disetiap saat, sehingga jika dikemudian hari peristiwa yang tidak diinginkan untuk segera memberikan informasi secara cepat ke pemerintah setempat.

“Kita harap disaat cuaca buruk semua akan baik-baik saja. Saya tetap menghimbau agar tetap waspada,” tutupnya. (Bayu)

Related Post