Cuaca Ekstrem, Belasan Nelayan Libur Melaut

287 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Cuaca ekstrem mempengaruhi kegiatan para nelayan di laut selatan. Para nelayan di Pantai Baron, Gunungkidul, DIY, memutuskan untuk tidak melaut.

Pilihan tidak melaut itu untuk menghindari kemungkinan buruk akibat kondisi alam yang kurang bersahabat. Hujan disertai angin melanda kawasan tersebut sejak malam tadi dan hingga berita ini laporkan cuaca buruh masih terjadi.

“Baru hari ini nelayan Pantai Baron tidak melaut,” kata Sekertaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto, saat dihubungi wartawan, Sabtu (6/1/2018).

Surisdiyanto menerangkan Gunungkidul saat ini termasuk daerah yang terlanda cuaca ekstrem. Hingga saat ini kondisi gelombang extrim pagi ini di dominasi oleh angin laut yang sangat kencang.

“Ada 8 kapal nelayan yang terseret hingga ke tengah,” ujarnya.

Pihaknya menghimbau kepada para nelayan untuk berhati-hati dikarenakan akhir-akhir ini cuaca sulit diprediksi. Selain itu, diharapkan untuk selalu menggunakan baju pelampun atau perlengkapan keamanan dalam melaut.

“Kami terus menghimbau kepada nelayan untuk terus waspada dan berhati-hati saat melaut karena cuaca sulit diprediksi,” ungkap Surisdiyanto.

Sementara itu, salah seorang nelayan Pantai Baron Ahmad Tohari mengaku dirinya memilih untuk tidak pergi melaut. Dirinya bersama dengan belasan nelayan lainnya memilih libur lantaran kondisi angin laut yang mengalami peningkatan.

“Ada sekitar 8 – 12 kapal pagi ini yang gagal melaut akibat angin kencang,” tutupnya. (Bayu)

Related Post