Cuaca Ekstrem Berpotensi Timbulkan Bencana

462 views



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini berpotensi akan menimbulkan bencana di beberapa wilayah. Untuk itu, guna mengurangi ancaman bencana tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul meminta masyarakat agar waspada di daerah yang rawan terjadinya bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo mengatakan, jika berdasarkan data BPBD, dalam beberapa hari terakhir ini terdapat beberapa musibah seperti rumah roboh karena angin kencang yang menimpa rumah milik Yanto Suwito, warg Desa Sumberejo, Semin pada Sabtu (24/9). Selain itu, hujan deras juga mengakibatkan sebuah pohon tumbang dan menimpa kamar mandi milik Kusmawati di Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo. “Potensi cuaca buruk dimungkinkan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu, warga diminta untuk berhati-hati dan waspada adanya potensi musibah dari cuaca buruk saat musim peralihan ini,” katanya, Senin (27/9/2016).

Budi menjelaskan, potensi bencana itu meliputi angin kencang yang hampir terjadi di seluruh wilayah di Gunungkidul. Sedangangkan becana tanah longsor mengancaman di enam kecamatan diantaranya kecamatan Patuk, Gedangsari, Ngawen, Nglipar, Semin dan Ponjong. 

“Kami tetap meminta masyarakat agar waspada karena potensi musibah bisa datang kapan saja,” ungkapnya.

Budi mengungkapkan, untuk penangannnya selama ini BPBD Gunungkidul juga menggandeng BPBD DIY, dengan memasang sistem peringatan longsor di 63 titik zona rawan yang dilakukan di enam kecamatan. Alat itu nantinya dapat memberikan peringatan awal akan adanya musibah tersebut. “Kita akan menambah lagi sirine EWS sekitar 20 buah di daerah yang rawan seperti di kecamatan Nglipar dan Gedangsari,” ujarnya.

Menurut Budi, sedangkan untuk potensi bencana angin kencang, masyarakat diharapkan melakukan pememangkasan pohon yang rimbun di sekitar rumah. “Kalau perlu dipotong karena untuk keselamatan,” pungkasnya. (Heri)

Related Post