Cupu Panjala Segera Dibuka, Begini Persiapannya

151 views

Gunungkidulpost.com – Panggang – Berbagai persiapan segera dilakukan warga Desa Girisekar, khususnya warga masyarakat Padukuhan Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang. Persiapan yang dilakukan dilakukan untuk pembukaan Cupu Panjala pada malam Selasa Kliwon nanti pada hari Senin (21/10/2019) malam.

Berbagai persiapan diantaranya para warga besok akan membuat peyek suguhan untuk para warga dan tamu undangan, dan di hari senin mendatang mulai pukul 08.00 WIB sampai sore, warga yang hendak ingin mengikuti tasyukuran diharuskan membawa ayam untuk dimasak, tak hanya itu beberapa warga juga membawa beras untuk di buat nasi uduk.

“Sebenarnya ada dua prosesi, yang pertama masak memasak untuk tasyukuran sebelum acara di mulai, tepatnya di sore hari, nah untuk yang kedua masak untuk di buat malam hari saat pembukaan Cupu Panjala,” kata Dwijo Sumarto, selaku adat abdi dalem Cupu Panjala, saat ditemui dikediamannya, Sabtu (19/10/2019) sore.

Tak hanya itu saja, lahan parkir kendaraan pun sudah di persiapkan sebagaimana mestinya, mulai dari pembukaan lahan jalan untuk masuk kendaraan motor maupun mobil. warga sekitar mempersiapkan tempat parkir sebelum menuju ke tempat lokasi pembukaan.

“Nanti tempat parkir ada diatas, sudah disediakan warga, soalnya kalau ke bawah semua tidak bisa, soalnya nanti halaman bawah akan di didirikan tenda untuk duduk para tamu,” urainya.

Menurutnya, pembukaan Cupu Panjala akan dilakukan paling awal pukul 00.00 WIB, dan selesai pada pukul 03.00 WIB bahkan sampai pukul 04.00 WIB, tergantung pengembalian kain ke peti. Cupu Panjala adalah sebuah benda pusaka yang berupa tiga buah guci yang disimpan di dalam kotak kayu berukuran lebar 35 centimeter, panjang 20 centimeter dan tinggi 15 centimeter.

Nantinya, prosesi pembukaan Cupu Panjala inipun langsung di pimpin olehnya. Disaat pembukaan nanti, Lanjut Dwijo, ia akan memperlihatkan beberapa lembar kain yang muncul gambar dan akan diperlihatkan di beritahukan kepada ratusan orang yang menyaksikannya.

“Saya juga berpesan, untuk pantangan memang ada, yang pertama nanti saat pembukaan bagi kaum wanita tidak boleh berada di depan, namun nanti harus ada di belakang kaum pria, yang kedua saat pembukaan cupu kaum pria berada di depan dan itupun yang sudah sunat, atau bisa di bilang orang dewasa, kalau belum sunat tidak diperbolehkan konon katanya tidak akan mendapatkan jodoh,” katanya.

Ia menambahkan, dalam prediksi pembukaan Cupu Panjala ini akan ramai di datangi masyarakat, pasalnya situasi yang mendukung belum turun hujan tidak menjadi penghambat bagi masyarakat.

“Nanti yang mau melihat silahkan saja, asalkan mentaati peraturannya yang ada, seperti yang saya sampaikan diatas,” pungkasnya.

Related Post