Curi Kayu Warga Banyusoco Mendekam Dibalik Jeruji Penjara

51 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Sar (49) warga Desa Banyusoca, Kecamatan Playen yang ditangkap Jajaran Unit Reskrim Polsek Playen setelah diketahui melakuakan pencurian kayu di hutan negara yakni di kawasan petah 90 RPH Kepek, BDH Playen atau tepatnya di Padukuhan Kepek, Desa Banyusoca, Kecamatan Playen, Minggu (21/10/2018).

Kapolsek Playen AKP Jusuf Tianotak, melalui Kanit Reskrim Iptu Suryanto mengatkan, pencurian yang dilakukan oleh Sar itu diketahui sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu dua petugas kehutanan setempat melakukan patroli di sekitar petak tersebut. Dari kejauhan sayup-sayup terlihat cahaya lampu yang menyala, petugas curiga atas lampu itu. Keduanya kemudian melakukan penelusuran, didapati seorang menggunakan kendaraan sepeda motor Honda Vario tengah beraktifitas di petak itu.

Semula kedua petugas terus mengamati gerak gerik laki-laki yang diketahui Sar melakukan tengah mengangkat dan menaruh kayu jati itu ke sepeda motornya.

“Dua petugas sempat melakukan pengejaran namun berhasil lolos. Karena itu kemudian melaporkan ke Polsek Playen dan akhirnya diproses,” ucap Iptu Suryanto, Rabu (24/10/2018).

Lebih lanjut, Suryanto membeberkan bedasarkan pengakuan dari pelaku aksi pencurian itu terpaksa dilakukan, karena yang bersangkutan ingin memperbaiki badan truk yang rusak. Sejauh ini pelaku baru mengakui melakukan aksi pencurian yang pertama kali, namun pengembangan masih terus dilakukan oleh petugas.

Dari pelaku petugas juga mengamankan sebuah gergaji tangan yang digunakan untuk menebang kayu dan satu unit sepeda motor hobda Vario.

“Belum bisa dipastikan berapa kali melakukan pencurian, dugaan lebih dari 1 kali,” pungkasnya. (Maya)

Related Post