Dampak Banjir, Jumlah Kunjungan Wisatawan Turun Drastis

128 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Bencana tanah longsor dan banjir yang melanda sejumlah wilayah di Gunungkidul beberapa waktu yang lalu tak hanya berdampak rusaknya infrastruktur, namun juga berpengaruh terhadap sektor pariwisata.

Jumlah kunjungan wisata pun ikut mengalami penurunan secara drastis.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono menuturkan jumlah wisatawan di Gunungkidul menurun sebanyak 15-30 persen akibat pengaruh bencana alam yang melanda beberapa waktu yang lalu.

“Memang ada penurunan jumlah wisatawan sebesar 15-30 persen,” ucapnya saat dihubungi wartawan, Jumat (23/3/2019).

Dia mengatakan akibat dari bencana banjir dua objek wisata harus terpaksa ditutup yaitu objek wisata Kalisuci dan Goa Jomblang yang terletak di Pacarejo, Semanu. Dua objek wisata tersebut harus ditutup lantaran air meluap.

“Saat ini sudah surut tinggal dilakukan pembersihan oleh warga sekitar,” imbuhnya.

Selain dua objek wisata tersebut ada beberapa objek wisata yang terkena dampak banjir seperti di Pantai Ngrenehan, pantai Drini, Pantai Baron, dan Pantai Kukup.

“Pantai Ngrenehan, pantai Drini, Pantai Baron, dan Pantai Kukup juga terdampak banjir dan ini sangat mempengaruhi jumlah kunjungan,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang di Pantai Drini Suharti mengaku sejak tiga hari yang lalu sepi pengunjung sehingga kondisi belum normal.

“Kami harap mulai besok segera normal lagi dan banyak wisatawan yang berkunjung,” tutupnya. (Bayu)

Related Post