Dampak Cuaca Buruk, Hasil Tangkapan Ikan Menurun

147 views
image

Nelayan Di Pantai Baron Desa Kemadang Tanjungsari. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Cuaca buruk yang terjadi saat ini tak hanya menyebabkan bencana, namun para nelayan yang ada di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari mulai merasa resah lantaran sejak beberapa hari terakhir ini mengalami penurunan hasi tangkapan ikan.

Penurunan tersebut terjadi hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Dampak dari cuaca buruk seperti saat ini yakni mengakibatkan paceklik ikan. Kami mulai merasakan sejak beberapa hari yang lalu dan hasil tangkapan ikan terus saja menurun,” kata salah seorang nelayan di Pantai Baron, Nardi saat ditemui Gunungkidulpost.com, Rabu (15/11/2017).

Menurut dia, para nelayan sekali melaut hanya mampu membawa ikan sebanyak 30 kg saja. Padahal diwaktu biasanya mampu membawa ikan hingga 120 kg dalam semalam.

“Biasanya kami bisa mambawa pulang 120 kg ikan, namun saat ini hasil tangkapan hanya mencapai 30 kg saja,” ucapnya.

Ikan yang didapatnya saat melaut hanyalah ikan jenis layur dan bawal yang berukuran kecil. Hal itu yang memiliki harga jual rendah dibanding dengan jenis ikan lainnya.

“Paceklik ikan ini sangat kami rasakan. Ikan besar pun mulai menjauh dan sulit untuk ditangkap,” tandasnya.

Nardi memprediksi kondisi ini akan terus terjadi hingga bulan Desember mendatang. Para nelayan pun berharap, agar kondisi ini segera membaik sehingga paceklik ikan tidak akan terulang lagi.

“Mudah-mudahan paceklik ikan tidak terus menerus terjadi,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post