Dampak Debu Proyek Pelebaran Jalan Dikeluhkan Warga

35 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Proyek pelebaran jalan tembus jalur Gading – Ngalang berdampak pada kesehatan warga. Salah satunya yakni anak-anak sekolah di SD Nengeri Gadingasri dan SD Kanisius Beji Desa Gading Playen.

Selama dua bulan lebih, anak-anak dan guru tersebut terganggu kesehatannya lantaran debu disepanjang jalan tersebut mengganggu proses belajar mengajar.

Beberapa siswa di Sekolah Dasar Gading Asri mengalami batuk-batuk karena terdampak dari proyek pelebaran jalan tembus Gading-Nguwot, di Desa Gading, Kecamatan Playen.

Hal tersebut dikemukakan oleh kepala sekolah Dasar Gading Asri Sunandaryo, Jumat (5/10/2018).

“Dampak dari proyek pelebaran jalan debu-debu sangat banyak yang berterbangan, sehingga membuat beberapa siswa mengalami batuk-batuk, jumlah total siswa kami sebanyak 172 siswa,” katanya.

Ia mengatakan ventilasi kelas sudah ditutup dengan rapat tetapi tetap saja debu masuk kedalam kelas-kelas, kondisi tersebut menurutnya telah berlangsung selama 2 bulan lebih.

“Setiap hari sudah dibersihkan tetapi tetap saja debu masuk kedalam kelas, kami juga sudah menghimbau kepada siswa-siswa agar menggunakan masker,” ucapnya.

Sementara itu satu diantara orangtua siswa Harno mengatakan dirinya berharap ada penyemprotan jalan sehingga dapat meminimalisir debu yang berterbangan,” tandasnya.

Satu diantara siswa SD Gading Asri Andika Putra Pamungkas, mengatakan dirinya merasa terganggu dengan debu yang dihasilkan dari proyek pelebaran jalan di depan sekolahnya.

“Sangat terganggu dengan debunya, setiap hari harus pakai masker,” ungkap Andika.

Hal serupa juga dialami oleh Sekolah Dasar Kanisius Beji, debu yang beterbangan serta jalan masuk sekolah yang tidak rata membuat kesulitan orangtua atau gutu yang akan masuk ke sekolah.

“Sekolah sudah menyiapkan masker kepada anak-anak, tetapi yang namanya anak-anak sering lupa membawa. Jalan masuk yang tidak rata akibat terdampak pelebaran jalan, juga sempat membuat orangtua terjatuh,” kata guru kelas SD Kanisius Beji Yustina. (Bayu)

Related Post