Dana Bantuan Dusun Mulai Diawasi

212 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul, soroti masalah dana bantuan untuk dusun yang dirasa ada intervensi dari Pemerintah Desa (Pemdes).

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul, Purwanto mengatakan bahwa menurut informasi yang ia himpun dari masyarakat bahwa pihak desa terkesan mengarahkan atau mengintervensi penggunaan dana bantuan.

Namun Purwanto enggan menyebutkan desa mana saja yang terkesan ada intervensi itu.

“Beberapa desa seperti mendekte penggunaan dana itu. Padahal jelas ditunjukan ke LPMP [Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Padukuhan],” kata Politisi Partai Gerindra itu, Kamis (22/11/2018).

Dikatakan Purwanto, anggota dewan yang menganggarkan tersebut karena ada aspirasi masyarakat. Sehingga seharusnya masyarakat diberi keleluasaan untuk penggunaan dana yang dikatakan Purwanto besarannya Rp10 juta untuk sejumlah dusun yang ada di Gunungkidul.

Ia menekankan jangan sampai nantinya di tengah masyarakat menjadi konflik atau timbul menjadi permasalahan karena bertentangan dengan Peraturan Bupati yang telah dibuat.

“Jangan sampai ada perselisihan, biar warga dan LPMP yang menanganinya Pemdes cukup mengawasi dan mendampingi saja,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPM&D), Sujoko mengatakan belum bisa berkomentar banyak terkait hal ini.

Dikatakannya pada tahun ini ada 88 dusun yang mendapatkan bantuan keuangan khusus tersebut.

“Saat ini masih proses verifikasi dengan tim yang ada termasuk Bappeda, belum turun anggarnnya,” jelasnya. (Bayu)

Related Post