Dana Desa Didorong Untuk Bangun Embung Mandiri

200 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) menyambut baik usulan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo yang menyarankan sebagian dana desa digunakan untuk pembangunan embung mandiri.

“Ini wacana yang baik dan kami sangat setuju dana desa digunakan untuk pembangunan embung mandiri,” kata Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul Sujoko, Rabu (1/8/2018).

Menurut dia, tujuan dana desa memang dimaksudkan untuk mengembangkan infrastruktur dan perekonomian masyarakat desa. Sehingga saran Mendes PTT tersebut menurutnya masuk akal dan kemungkinan akan direalisasikan tahun depan.

“Nantinya harus merubah APBDes untuk 2019,” ucap dia.

Sementara itu Kepala Desa Melikan, Kecamatan Rongkop, Kartina mengaku memang sampai saat ini belum ada embung mandiri diwilayahnya Dimungkinkan dengan adanya wacana pengadaan embung lewat dana desa hal itu bisa saja dilakukan.

“Jika membangun embung dengan dana ratusan juta tentu belum akan mencukupi kebutuhan seluruh warga desa. Tetapi kalau ada wacana itu kami setuju,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo menyarankan sebagian dana desa digunakan untuk pembangunan embung mandiri.

Tiap desa menerima dana berkisar Rp 800 juta hingga satu miliar itu sisanya bisa digunakan untuk membuat embung mandiri. (Bayu)

Related Post