Dana Desa Direspon Positif, Pemdes Tidak Boleh Korupsi

435 views

image

Pembangunan talud. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Wacana pemerintah pusat untuk terus meningkatkan pembangunan desa telah direspon positif oleh Pemerintah Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari. Pasalnya pemdes telah menyelesaikan program pemerintah yang didanai oleh dana desa.

Dana sebanyak Rp 380 juta tersebut terserap untuk pemberdayaan masyarakat, bembuatan talud dan drainase di beberapa padukuhan.  

Kepala Desa Hargosari, Sumono mengatakan, dana desa sangat membatu untuk proses pembangunan seperti infrastruktur dan pemberdayaan. Pemdes pun telah siap mengelola dana tersebut dengan transparan dan tepat sasaran.

“Kami kelola dengan tepat sasaran dan semua sudah melalui prosedur yang jelas,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (15/11/2016).

Dia menuturkan, pembuatan drainase untuk akhir anggaran 2016 sebanyak dua titik. Sedangkan pembangunan talud, pihaknya sudah membangun di setiap padukuhuan. 

“Semua pekerjaan fisik sudah selesai, dan sisanya untuk alokasi pemberdayaan,” paparnya.

Sumono berharap, untuk tahun anggaran 2017 mendatang dana desa agar bisa ditambah. Sehingga pembangunan di tingkat desa akan lebih meningkat dan memiliki dampak yang positif bagu masyarakat.

“Harapan kami ditahun mendatang anggaran dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat naik,” ucapnya.

Terpisah, Kabid Pemberdayaan Masyarakat, BPMPKB Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto mengatakan, pihaknya menghimbau pada seluruh desa untuk mengelola keuangan secara tepat dan transparan. Sehingga indikasi penyimpangan akan dapat dicegah.

“Harus lebih transparan dan tepat sasaran, jangan sampai ada penyelewengan anggaran,” tandasnya. (Bayu)

danadesa

Related Post