Dana Desa Naik, Sektor Pembangunan Jadi Sorotan Utama

147 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Pusat mempunyai wacana untuk menaikkan dana desa. Hal itu diharapkan mampu meningkatkan pembangunan hingga ke tingkat pedesaan.

Ketua Paguyuban Lurah Semar Gunungkidul, Bambang Setiawan mengatakan tambahan anggaran akan mempermudah perangkat desa dalam memberikan fasilitas maupun pembangunan di desa.

Sarana dan prasarana yang memadai di tingkat desa menurutnya akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini akan berdampak baik bagi kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bambang, Rabu (29/8/2018).

Meski demikian jika kenaikan ini direalisasi maka perlu ada pengawasan dari dinas terkait supaya tidak ada penyimpangan.

“Paling tidak dapat mengurangi penyimpangan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, KB dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gunungkidul, Subiyantoro mengatakan pihaknya belum ada pembahasan lebih lanjut terkait kenaikan nominal dana desa 2019.

Sebab sesuai pada ketentuan, pembahasan tersebut baru dimulai pada November 2018.

“Kalau 2017 lalu kami dapat 132 Milyar, sedangkan tahun 2018 turun 117 Milyar. Mudah-mudahan naik sesuai dengan kabar yang beredar,” ungkapnya. (Bayu)

Related Post