Dana Milyaran Sulap Lahan Penggalian Batu Jadi Pasar Ramah Lingkungan

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kementerian Lingkungan Hidup membangun pasar ramah lingkungan yang di Desa Gari, Kecamatan Wonosari. Proyek senilai Rp 1,8 miliar tersebut dibangun diatas tanah 6,7 hektar.
Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (Kapedal) Irawan Jatmiko mengatakan,  proyek senilai Rp 1,8 miliar tersebut digunakan untuk membangun dan mengembangkan pasar ramah lingkungan melalui program reklamasi.
“Ini merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup, yang semula lahan ini digunakan untuk kegiatan penggalian batu, sekarang kami sulap menjadi pasar,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (7/10/2016).
Dia menjelaskan, setelah usainya pembangunan nanti, pihaknya akan menyerahkan pasar tersebut untuk dikelola oleh Desa setempat melalui BUMDes. Menurut Irawan, proyek pengerjaan pasar tersebut ditaksir hingga akhir bulan ini usai.
“Sesuai rencana akhir bulan Oktober ini selesai, dan kami akan serahkan ke Pemdes Gari untuk dikelola,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Desa Gari, Widodo menuturkan, pihaknya selama ini belum diberi wewenang apapun terkait pembangunan pasar. Namun dirinya mengaku siap jika pengelolaan pasar ramah lingkungan ini akan dilimpahkan ke desa untuk dikelola.
“Kami siap, jika ditunjuk  untuk mengelola pasar ramah lingkungan ini,” ucapnya. (Bayu)

Related Post