Danais Cair Rp 7 Miliar Untuk Apa?

377 views

Ilustrasi. Net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Gunungkidul pada triwulan pertama di tahun 2017 ini telah mencairkan dana keistimewaan sebesar Rp 7 miliar. Pencairan tersebut baru 20% dari total anggaran yang ada yakni Rp 35 miliar yang akan digunakan untuk pengadaan tanah.

Sekretaris Disbud Gunungkidul, Siti Isnaini Dekoningrum mengatakan, pihaknya telah mencairkan anggaran sebesar Rp 7 miliar yang sebagian besar akan digunakan untuk pengadaan tanah pembangunan taman budaya.

“Mayoritas dana untuk pengadaan tanah dan sisanya untuk festival karawitan, festival ketoprak, festival reog, dan jatilan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com,Rabu (5/4/2017).

Proporsi anggaran danais yang digunakan untuk pengadaan tanah lebih dari separuh total danais. Sedangkan pengadaan tanah untuk pengembangan Situs Sokoliman dianggarkan lebih dari Rp1 miliar. Masing-masing untuk taman budaya di Desa Logandeng luas tanah yang akan dibebaskan adalah 2,5 hektar, sedangkan untuk Situs Sokoliman, seluas 1.200 meter persegi.

“Pembebasan lahan baru proses, sedangkan pembangunan fisik taman budaya akan kembali dianggarakan pada 2018 mendatang,” ujarnya.

Saat ini pengadaan tanah di kedua lokasi tersebut masih dalam proses. Akan tetapi Siti optimis pembebesan lahan tidak akan menemui kendala.

“Kami telah mengantongi rekomendasi tata ruang sesuai dengan peruntukan lokasi tersebut,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post