Dapat Tiga Siswa, SD Wonolagi Tetap Bartahan

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kondisi sekolah di SD Negeri Wonolagi di Desa Ngleri, Kecamatan Playen tampak sepi saat moment hari pertama masuk sekolah. 

Hal itu lantaran hanya mendapatkan tiga siswa baru dalam ajaran baru 2017/2018 ini.

Tiga siswa baru yakni Alfin Emirul Vata (7), Aira Diyah Ayu (7), dan Yasmin Korina Pratiwi (7) tampak bersemangat di hari pertama masuk sekolah.

Mereka saling berkenalan dengan guru-guru dan berkeliling mengenal lingkungan sekolah.

“Saya senang bisa masuk sekolah dengan teman-teman,” ujar Arfin, salah seorang siswa SD Wonolagi, Senin (17/7/2017).

SD Wonolagi memang berada di daerah yang terpencil. Untuk sampai ke sekolah harus melalui hutan sejauh lima kilometer ke selatan dari Desa terdekat di Desa Ngleri atau dari Dusun Pengkok, Patuk yang melalui jembatan gantung.

Jumlah total siswa di sekolah tersebut hanya 10 siswa. Sebanyak tiga siswa kelas I, empat siswa kelas IV, dan tiga siswa kelas VI. Semuanya berasal dari Desa Wonolagi.

“Sekolah ini memang khusus untuk Desa Wonolagi, karena jaraknya yang cukup jauh, sehingga dibangunkan sekolah ini,” ucap salah seorang guru SD Wonolagi, Tri Hariyani.

Tri mengatakan, karena jumlah siswanya yang sedikit, sempat ada usulan untuk penggabungan ke sekolah lain. Namun usulan tersebut ditolak, karena dapat menyulitkan para siswa yang kebanyakan berasal dari daerah tersebut.

“Jika diregrouping ke sekolah lain kasian anak-anak lantaran jaraknya yang jauh dari sekolah lain,” tandasnya. (Bayu)

Related Post