Dapodik Tak Update, Pembangunan SD Gedangklutuk Tersendat

45 views

Gunungkidulpost.com – Saptosari – Pasca rusaknya atap bangunan SD Gedangklutuk, Dusun Gedangklutuk, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Disdikpora Gunungkidul memastikan tidak dapat mengakses anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk merehab bangunan sekolah tersebut.

Tak bisa mengakses anggaran DAK dikarenakan tidak adanya pembaharuan data pokok pendidikan (dapodik).

Kepala Bidang SD, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Sumarto mengatakan jika kondisi sekolah pada dapodik tidak diperbarui maka tidak dapat mengakses anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Dapodik harus diupdate secara berkala. Kalau di dapodik keadaan sekolah dalam kondisi bagus tetapi kenyataannya tidak, maka tidak bisa mengakses dana untuk perbaikan,” katanya, Jumat (8/11/2019).

Dia menuturkan, jika dapodik kondisi sekolah dalam keadaan baik dan mendapatkan dana rehab maka akan menjadi temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK).

“Itukan rehap secara besar-besaran jadi harus sinkron antara dapodik dan kondisi nyatanya. Kami sekitar Bulan April sudah perintahkan untuk segera update dapodik,” jelasnya.

Ia menambahkan, rencana rehab akan dilakukan pada tahun 2019 ini.
Pihaknya mengusulkan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar.

“Rabu lalu pihak kementerian juga sudah melakukan survei, berhubung 2019 tinggal dua bulan kemungkinan rehab baru mulai 2020,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan kepada kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga untuk segera menindaklanjuti perbaikan SD N Gedangklutuk.

“Jangan sampai roboh saat belajar mengajar untuk itu harus segera diperbaiki,” papar Badingah. (*)

Related Post