Data Coklit Usai, Pantarlih Diharapkan Bekerja Profesional

38 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul telah menyelesaikan Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih).

Dengan usainya proses Coklit, data Pemilu 2019 dinyatakan telah mencapai 100%.

“Proses Coklit yang dimulai sejak Selasa (17/4) lalu, sudah mencapai 100%, saat ini proses penyetoran ke PPS,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan kepada wartawan, Rabu (16/5/2018).

Dia mengatakan setelah proses coklit tersebut saat ini proses penyetoran ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan akan dilakukan entri data.

Namun untuk data keseluruhan berapa, Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berapa nanti akan diketahui pastinya setelah entri.

Zaenuri mengatakan akan meminta laporan data Coklit per minggu dari Pantarlih, Jumat (18/5). Setelah entri oleh PPS nantinya juga akan ada pleno terbuka rekapitulasi paling lama dilakukan pada Jumat (8/5) mendatang.

“Setelah entri nanti akan ada pleno yang menghadirkan Panwas, maupun peserta pemilu dari pengurus partai,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Panwaslu, Gunungkidul, Antok menuturkan, pihaknya juga terus mengawasi proses Coklit tersebut.

Menurut Antok pada dasarnya proses Coklit berjalan dengan lancar, namun memang ada beberapa hal temuan dari hasil pengawasan.

Data yang digunakan data lama jadi banyak data kurang valid, kedua beberapa tempat sudah dicoklit namun tidak ditempeli stiker, ketiga dibeberapa tempat pemilih jauh dengan TPS.

“Ya kami awasi Pantarlih yang melakukan coklit, memastikan Pantarlih bekerja sesuai aturan yang ada. Sehingga diharapkan tidak ada kesalahan atau kecurangan,” tutur Antok. (Bayu Prihartanto)

Related Post