Deklarasi Anti Politik Uang Tak Dihadiri Enam Parpol Besar, Mengapa?

203 views

Gunungkidulpost.com – Patuk – Sebanyak enam partai politik absen dalam penyelenggaraan deklarasi anti politik uang yang diselenggarakan oleh Bawaslu Gunungkidul di area parkir Embung Nglanggeran, Patuk, Sabtu (23/2/2019).

Hal ini terlihat dari penandatangan pakta integritas untuk tolak politik uang. Keenam parpol yang tidak hadir yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, Gerindra, PAN dan PKPI.

Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo menyayangkan ketidakhadiran partai politik tersebut. Menurut dia, parpol bisa menjadi salah satu kunci dalam pelaksanaan pemilu dengan adil jujur dan aman.

“Kami sayangkan karena ada parpol yang tidak hadir,” kata Ratna kepada wartawan, di sela acara.

Kehadiran parpol, katanya, menunjukan komitmen yang kuat dan komitmen moral untuk terhadap pencegahan politik uang. Selain itu, sebagai upaya memberikan jaminan jika politik uang tidak terjadi di Pemilu 2019.

“Sebenarnya kami berharap seluruh partai politik bisa hadir,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Gunungkidul Is Sumarsono, mengaku sudah menyebar undangan ke seluruh partai politik peserta pemilu 2019.

Menurut dia, ketidakhadiran beberapa parpol bukan hal yang harus diperdebatkan karena terpenting gerakan anti politik uang akan terus digalakan dari gerakan sosial mejadi gerakan moral.

“Ini hanya masalah teknis saja dan mungkin parpol yang bersangkutan ada acara sehingga tidak hadir,” tutupnya. (Bayu)

Related Post