Demo Kades Dadapayu Ricuh !! Pak Kades Nyaris Dimassa !!

1035 views

Kades Rukamto saat diamankan polisi, karena nyaris jadi sasaran massa (Foto : Nena)

Gunungkidulpost.com – Semanu – Kasus lanjutan dugaan pungli yang dilakukan oleh kepala desa dadapayu, kecamatan Semanu, berakhir ricuh, kamis (10/11/2016).  Hal ini dipicu lantaran kades Rukamto enggan mundur dari jabatannya. Sehingga ratusan massa yang geram melakukan aksi pembakaran.

Pantauan Gunungkidulpost.com menyebutkan, dalam rapat yang digelar di balai desa setempat semula berlangsung aman dan tertib. Namun, ketika Rukamto menyampaikan pendapat enggan mundur dari jabatannya memicu kemarahan massa.

Massa yang semakin beringas dengan putusan Rukamto, melakukan pembakaran spanduk hingga pocong jadi-jadian yang digunakan sebagai simbol kadesnya atas dugaan kasus pungli. 

Bahkan, Rukamto pun nyaris menjadi sasaran massa. Beruntung pihak kepolisian yang melakukan pengamanan di balai desa langsung mengevakuasi Rukamto menggunakan mobil dari polres Gunungkidul.

Tokoh masyarakat desa setempat, Arif Aditya mengatakan, aksi ini terjadi atas kemarahan warga yang tuntutannya belum terpenuhi. Pihaknya menilai Rukamto telah ingkar janji untjk mundur dari jabatannya.

“Selama ini prosedur yang berlaku sudah terpenuhi tetapi Rukamto enggan mundur dari jabatanya. Hal inilah yang membuat masyarakat semakin beringas. Masyarakat hanya ini Kades mundur dari jabatannya,” katanya, Kamis (10/11/2016).

Untuk diketahui sebelumnya, ratusan masyarakat di desa Dadapayu, kecamatan Semanu kembali geruduk balai desa setempat, kamis (10/11/2016).  Kedatangan mereka kali ini, menutut kepala desa Rukamto agar dapat diadili secara hukum yang berlaku. (Nena)

dadapayu demokadesdadapayu

Related Post