Demo Kades Dadapayu Sempat Diwarnai Kericuhan !!! 

704 views

Demo desa dadapayu. (Foto: Nena)

Gunungkidulpost.com – Semanu – Aksi ratusan masyarakat semakin beringas, selain menggruduk balai desa Dadapayu, kecamatan Semanu, namun juga melakukan penyegelan ruang kades hingga ruang pelayanan.

Aksi ini sempat diwarnai kericuhan, ketika ratusan masyarakat yang berudaha masuk ke ruang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat dan menuntut kepada kepala BPD agar mendatangkan Rukamto yang absen saat dituntut warga.

Tokoh masyarakat desa setempat, Arif Aditya mengatakan, aski ini dilakukan atas dasar kesepakatan awal antara Rukamto dengan masyarakat, yang menyatakan bahwa Rukamto sudah berjanji untuk mundur dari jabatannya. Namun, kesepakatan tersebut dinilai ingkari janji kepada masyarakat.

“Sudah ada surat pernyataan bahwa rukamto bersedia untuk mengundurkan diri dari jabatannya, namun semua itu urung dilakukan,” katanya, Senin (30/10/2016).

Arif menjelaskan, jika pihak pemerintah desa tidak bertindak tegas untuk mencopot Rukamto dari jabatanya, sehingga hal tersebut yang membuat masyarakat semakin beringas dengan melakuka penyegelan ruang kades hingga ruang pelayanan.

“Penyegelan ini atas ulah Bapak Rukamto sendiri yang sudah mengingkari janji. Kalaupun tidak ada ketegasan dari pemerintah desa maupun BPD, segel itu tidak akan tetap terpasang,” jelasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, ratusan warga Desa Dadapayu, Semanu memprotes kebijakan Kades setempat yang melakukan pungutan liar terhadap lima dukuh terpilih di desa tersebut, Senin (17/10/2016). Mereka menuntut Kades setempat, untuk mundur dari jabatannya.

Aksi yang dilakukan kantor balai desa terjadi sejak Minggu (17/9/2016).  Ratusan warga dari beberapa dusun menuntut kades Rukamto agar mundur dari jabatan. Amarah warga setempat semakin memuncak, lantaran Rukamto diduga melakukan pungutan liar mencapai puluhan juta terhadap 5 dukuh terpilih. Sehingga kebijakan yang dilakukan kades itu diprotes oleh masyarakat. (Nena)

demodesadadapayu kadespungli

Related Post